Setelah Osama Bin Laden Tewas, Taliban Serang Kandahar Bertubi-tubi

Sunday, May 8, 2011

RMOL. Setelah Osama Bin Laden tewas, pasukan Taliban secara bertubi-tubi  melancarkan serangan  di provinsi Kandahar, Afghanistan Selatan, termasuk serangan enam  bom bunuh diri.

Akibat serangan itu dua polisi  dan dua warga sipil tewas sementara 46 orang lainnya luka-luka.

Serangan ini diduga sebagai bentuk balas dendam dari Taliban atas Kematian pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden. Bahkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan hal itu.  Tujuan dari serangan itu, kata Hamid untuk membalas kekalahan mereka atas terbunuhnya Osama Bin Laden.

Namun  Taliban membantah kalau serangan mereka sebagai respon akibat tewasnya Osama Bin Laden.  Bantahan itu disampaikan  jurubicara Taliban Yusuf Ahmadi. Dia menyebut, serangan  itu direncanakan selama beberapa waktu (sebelum kematian Osama).

"Serangan kami ke Kandahar  telah direncanakan. Kami menyebutnya sebagai serangan musim semi dan tidak ada hubungannya dengan kematian Bin Laden," tegas Yusuf  Ahmadi seperti dilansir BBC (Minggu, 8/5)

Pasca serangan itu, kondisi di Kandahar masih mencekam. Tak terlihat warga sipil di jalanan. Pejuang Taliban masih menduduki sejumlah  gedung dan secara sporadis menembakkan  roket ke militer Afghanistan 
[source : RM]

0 comments: